Home Made Kazoku Shounen Heart lyrics


*Kuchizusamu MERODII ga omoidasasete kureru
(Back in the Days)
MEMORII wa doremo kagayaite bakari iru (So)
You gotta remember ima mo yume no kakera wo te ni
Ano goro no you ni (Come on!)
Hikari hanatsu shounen no HAATO

“Shourai no yume” no ran ni kaita ano goro no ore kara nannen hetta?
Genjitsu to risou no hazama yuraida jounetsu no honoo mo kiekakatta
Chotto matta! Cho, chotto matta !!
Shoubu wa korekara sa hatta! Hatta!
Akirameta jitende GEEMU OOBAA
Genjou wokono tede kiri hirakou ka

Oboete imasu ka? Mukashi wa tashika
Kasukana kibou ni zenryoku wo dashita
Ashita no tame ni ikiteimashita
Sono kimochi dokka wasurete nai ka?
Seishun ni kigen nante nai tankyuushin ni nen wa kankei naito omou yo
Datte sou daro?
We wanna make the dream come true
Tsumari...

Saka sou saka sou saka sou jounetsu no hana wo saka sou
Saka sou saka sou saka sou...

*Repeat

“Itsuka kitto kitto kitto ore mo...” tte
BOOttoshiteru to kitto de owaruzo
Mujaki na yuuki furishibotte doushin no netsu wo yobi okose
Shounen kara seinen to the chuunen ima da mokka nanika ni muchuu de
Kagayaite iru hou ga sou, kakkouii jan
like challenger da YEAH!!

“Kodomo kara otona wa dokkara?” Nante kangaeteru
Ore docchi da??
Itsukara ka shakai no kara no naka
Toji kago tte chiisaku mato matte naika?
Kagami no naka no omae ni tou
“Madamada konna mon ja nai darou”
Yume no katachi wa henkashite itemo kagayakeru hazu na no sa itsudemo

Sagasou sagasou sagasou yume no kakera wo sagasou
Sagasou sagasou sagasou

*Repeat

(Rap)
Nani wo shitara ii? Nani ga dekiru kono boku ni?
Yaritai koto ga wakara nai
I believe there’s never too late
Hajimeru no ni kitto osoi wa nai
Kanousei wa sousa mugendai
Ashita wo kaeteku chikara wa sou kimi shidai
Dakara sagasou saka sou jounetsu no hana wo saka sou

*Repeat

Bukti Pertama Pantulan Cahaya dari Cairan di Luar Bumi


Wahana ruang angkasa Cassini yang tengah melayang di sekitar Planet Saturnus merekam cahaya dari permukaan Titan, salah satu bulannya planet tersebut. Cahaya tersebut kemungkinan besar sebagai pantulan cahaya Matahari di atas permukaan cairan salah satu danau raksasa di permukaan Titan.

Dari hasil pengamatan selama ini, Titan memang diyakini memiliki danau-danau raksasa berisi cairan meski tak dapat terlihat langsung karena tertutup atmosfernya yang tebal. Meski demikian, kamera inframerah dapat menangkap pantulan berkas cahaya Matahari yang sampai ke permukaan danau tersebut. Foto yang dibuat Cassini merupakan rekaman pertama pantulan cairan di luar Bumi itu.

"Gambar ini merupakan salah satu foto ikonik Cassini," ujar Bob Pappalardo, ilmuwan di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, yang tergabung dalam riset Cassini. Ia mengatakan, Titan semakin mirip Bumi tidak hanya punya atmosfer, tetapi juga danau berisi cairan dan sifat-sifat lainnya.

Cahaya yang direkam Cassini merupakan pantulan cairan di bagian selatan danau raksasa yang disebut Kraken Mare. Danau tersebut seluas 400.000 km persegi atau lebih besar daripada Laut Kaspia, danau terbesar di Bumi saat ini.

Titan merupakan satu-satunya obyek di tata surya, selain Bumi, yang sejauh ini diketahui mengandung cairan. Namun, cairan yang menggenangi danau-danau di Titan bukanlah air seperti di Bumi, melainkan metana dan etana, cairan hidrokarbon yang terbentuk dari molekul-molekul karbon dan atom-atom hidrogen.

Teori adanya cairan di Titan sudah dikemukakan sejak 20 tahun lalu dan terus dilakukan penelitian untuk membuktikannya. Pada tahun 2008, kamera inframerah yang dibawa wahana Cassini yang sudah menjelajah kawasan tersebut sejak tahun 2004 memastikan kandungan cairan di Ontario Lacus, danau terbesar di belahan selatan Titan. Belahan utara malah memiliki danau-danau lebih besar dan banyak belum bisa dipastikan apakah mengandung cairan atau tidak.

Kandungan cairan hidrokarbon di Titan menarik perhatian para ilmuwan karena zat kimia tersebut berpotensi mendukung kehidupan. Siapa tahu masih ada kehidupan di sana atau suatu saat manusia menginjakkan kakinya di permukaan Titan.
WAH

Editor: wah

Sumber : LIVESCIENCE

Nobody knows Naruto

Sebuah Mimpi Konvergensi ke Alam Nyata


Netsains.Com – Konvergensi dalam dunia nyata tidak akan pernah terjadi dengan sempurna. Konvergensi tercipta hanya untuk melihat kegagalan dan kerugian yang pada akhirnya berujung pada kehilangan dan kekalahan mutlak.

Menggabungkan negara maju dan berkembang asia pasifik dalam forum APEC akan tetap menimbulkan konflik yang tak berkesudahan terutama masalah tarif. Keputusan bersama yang disepakati oleh anggota APEC pada dasarnya hanya menguntungkan negara maju. Indonesia menolak melakukan konvergensi alias kerja sama dengan negara penjajah. Artinya kemerdekaan yang diraih mutlak dari jerih payah masyarakat Indonesia tanpa ada belas kasih dan meminta-minta untuk dimerdekakan.

Konvergensi bisa saja terjadi jika itu menyangkut masalah kenyamanan atau kepraktisan. Mau merdeka? Berdamailah dengan penjajah. Mau bisa eksis dalam keanggotaan dunia seperti APEC, WTO? berdamailah dengan negara maju dan ikuti kemauan mereka. Demikian pula dengan masalah teknologi informasi dan komunikasi. Konvergensi terlalu nyata untuk selalu dinyatakan sebagai sebuah terobosan tepat guna, yang memberikan manfaat bagi setiap orang. Di bidang hiburan, pernah ada TV+DVD yang dikeluarkan oleh perusahaan lokal. Menguntungkan bagi konsumen tapi akhirnya produk tersebut menghilang begitu saja. Perkembangan TV mengarah ke plasma dan bisa jadi selebar mungkin dengan HD yang semakin memanjakan mata konsumen, tentunya harga yang ditawarkan pasti mahal. DVD sekarang sudah ada bluray, bahkan kaset DVD bajakan bluray pun sudah ada untuk mengantisipasi kemajuan media player DVD, meskipun harganya lebih mahal daripada DVD player biasa tetap ada konsumen yang membelinya.

Informatian Technology, berdasarkan Information Technology Association of America (sumber: wikipedia), adalah suatu ilmu, disain, pengembangan, implementasi, dukungan atau sistem informasi berbasis komputer, terutama aplikasi software dan hardware komputer. IT berhubungan dengan pemanfaatan software komputer untuk mengonversi, melindungi, memroses, menghantarkan dan menampilkan informasi dengan aman.

Jadi dari pernyataan tersebut dapat disebutkan pentingnya sebuah jaringan yang kuat guna menghantarkan informasi yang dibutuhkan, yang tersimpan dalam database setiap perusahaan. Informasi acak yang diperoleh daribanyak tempat, dengan manajemen data yang baik, akan menghasilkan sebuah data yang tepat untuk pengambilan keputusan. Data disimpan dalam database, yang kemudian dapat didistribusikan oleh setiap pihak yang berkepentingan dengan cepat, asalkan jaringannya kuat dan stabil.

Konvergensi IT dan komunikasi tidak akan terjadi karena IT merupakan bagian dari komunikasi. IT merupakan bagian perantara atau pendukung terciptanya suatu alur antara si pemberi pesan dan penerima pesan. Di SWA no. 23 2009 telah menampilkan artikel yang bagus terkait masalah efisiensi komunikasi yang efektif. Dalam berkomunikasi, sebuah korporat nasional sangat membutuhkan efisiensi. Mereka menemukan bahwa penggunaan tiga jaringan selama ini, menyebabkan inefisiensi. Ketiga jaringan itu adalah jaringan data, jaringan telephony dan jaringan video. Solusinya adalah mengkonvergensi ketiga jaringan tersebut, nama jaringan tersebut adalah tele-AV-data. Namu alih-alih menciptakan jaringan baru, perusahaan IT mengembangkan unified communications. Cisco dengan CiscoWebex, Microsoft dengan UC Microsoft. Ragam keunggulan dan tawaran memberikan pilihan bagi korporat untuk memilih. Apa yang menjadi efisien sama saja dengan perusahaan memilih menggunakan perantara dalam menyalurkan produknya, seperti telah banyak dikemukakan dalam buku-buku pemasaran.

gambar1

Pada gambar 1 di atas dapat dilihat bagaimana tingkat kepadatan alur transportasi informasi di perusahaan yang mempunyai banyak cabang. Pusat sudah pasti ingin mendapatkan data yang riil terhadap perkembangan di cabang, untuk itu cabang pun akan segera memberikan informasi. Begitu pula halnya departemen lain di pusat mengharapkan hal yang sama untuk selalu meng-update data dan perkembangan di cabang. Padatnya alur tersebut bisa menyebabkan lambat bahkan berhenti dalam beberapa waktu sehingga penyampaian informasi terhambat.

Perusahaan penyedia jaringan tentunya selalu berusaha untuk memperkuat sinyal jaringan dengan segala tekhnologi yang ada. Meskipun sudah maksimal, dengan kepadatan transportasi informasi di satu perusahaan saja, usaha yang maksimal tetap akan terhambat pula. Ini yang menyebabkan inefisiensi di setiap perusahaan, jaringan yang lama, menyebabkan biaya pun menjadi mahal.




gambar 2

Alih-alih perusahaan jaringan menciptakan konvergensi Unified Communication, memperkuat infrastruktur jaringan adalah pilihan yang tepat bagi investasi jangka panjang perusahaan penyedia jasa atau operator komunikasi. Memperkuat jaringan akan membuat perusahaan dapat memperkuat posisinya di benak pelanggan.

Konvergensi tidak ada sangkut pautnya dengan usaha memberikan keuntungan atau manfaat bagi masyarakat, hanya akan membuat rumit dan mahal. Bayangkan saja, ketika perusahaan jaringan mendapatkan keluhan pelanggan utamanya terhadap lambatnya konektivitas jaringan yang terjadi. Ide muncul. Bagaimana kalau menggabungkan pengetahuan yang dimiliki dengan perusahaan software untuk membuat alat yang bisa memberikan solusi bagi pelanggan dengan efisien? Ya tidak mungkin. Berikan kesempatan pada vendor seperti Cisco, Micrososft dan lainnya berevolusi dengan produknya dan menciptakan kategori baru atau percabangan terhadap produk teknologi informasi. Sisanya serahkan pada perusahaan jasa jaringan untuk memperkuat dan memperjernih jaringan.

Terlalu banyak contoh konvergensi yang memberikan harapan yang tinggi guna memberikan keuntungan yang nyata bagi masyarakat. Hasilnya banyak diungkap oleh Al Ries dalam bukunya “The Origin of Brand”. Dalam tulisan ini memberikan contoh tentnag upaya bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dengan tangan sendiri. Dalam usahanya masyarakat dan ulama melakukan divergensi partai politik bukan konvergensi, dan berhasil merdeka pada 17 Agustus 1945.

Contoh kedua, bergabungnya Indonesia dalam forum dan/atau kelompok dunia, seperti APEC, WTO, IMF. Tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap negara maju, menyebabkan negara berkembang seperti Indonesia akan memiliki perasaan nyaman bila berada di balik punggung negara maju, meskipun manfaat yang dirasakan kurang. Indonesia berkonvergensi dengan forum dunia hanya untuk mencapai kepraktisan dalam hubungannya dengan dunia internasional. Hal ini tidak akan mengubah dominasi negara maju terhadap negara berkembang dalam segala bidang kehidupan. Dan contoh ketiga terkait masalah produk TV+DVD yang tidak berhasil di Indonesia, serta usaha operator jasa telekomunikasi berkonvergensi dengan produk IT adalah sebuah kesia-siaan belaka.

Pertegas dominasi perusahaan dalam fokus usaha, sehingga di benak konsumen untuk satu kategori satu merek akan membuat keuntungan yang berlipat baik bagi perusahaan maupun masyarakat. Menciptakan kategori baru melaui divergensi dan evolusi merek lebih baik daripada menghilangkan kategori yang sudah kuat melalui konvergensi. Bagi operator jasa telekomunikasi, memperkuat jaringan akan mepertegas posisi perusahaan di benak konsumen dalam menghantarkan layanan cepat, tepat, dan nyaman. Cepat karena akses yang kuat, tepat waktu karena menggunakan jaringan terbaik dan nyaman karena semua terasa mudah dan hemat.

Bagi perusahaan IT, fokus pada menciptakan software dan hardware yang terbaik, yang mampu memberikan solusi terbaik bagi pelanggan utamanya. Lupakan konvergensi, hanya berupa mimpi yang akan direalisasikan ke dunia nyata, tiba-tiba terbangun dari mimpi dengan masalah kerugian di depan mata.

Referensi:

  1. Al & Laura Ries; “The Origin of Brands (Asal-Usul Merek)”; Karisma Publishing Group, 2005.
  2. Artikel: “Cara Hemat Komunikasi Korporat”; SWA No. 23/XXV/29 Oktober-11 November 2009; p. 120-123.
  3. Wikipedia: ”Information Technology”.

foto:.intelconsumerelectronics.c

10 Hal yang Membuat Manusia Istimewa


Netsains.Com Berbahagialah kita terlahir sebagai manusia. Dibanding mahluk hidup lain, manusia punya banyak kelebihan sehingga mampu hidup lebih layak. Itu juga yang membuat manusia menjadi mahluk hidup yang paling tinggi derajadnya.

Ilmuwan menyimpulkan 10 hal yang membuat manusia istimewa dibandingkah mahluk hidup lain:

1. Otak yang Luar Biasa

Walau sama-sama masuk dalam kingdom binatang, manusia unggul karena mempunyai otak luar biasa. Ukuran otaknya memang bukan yang terbesar di dunia, sebab ikan paus lah yang otaknya terbesar. Berat otak manusia hanya sekitar 3 pon, namun memiliki kemampuan paling hebat di antara warga kerajaan hewan.

2. Postur Tubuh Lurus

Manusia tergolong bangsa primata, namun manusia lah yang mampu berjalan tegak lurus. Ini membuat tangan kita bebas bekerja, tak seperti primata lain yang menggunakan tangan sebagai penopang tubuh untuk berjalan. Kita hanya memerlukan tangan untuk berjalan saat masih bayi saja. Bayangkan kalau kita terus-terusan merangkak, pastinya agak susah menciptakan komputer atau segala teknologi canggih saat ini kan?

3. Tidak Berbulu

Dibanding kerabat kita para kera, kita ini termasuk telanjang, lho. Ya, sebab bagi bangsa primata, bulu itu semacam pakaian alami. Walau tidak ditumbuhi bulu sama panjang dengan bangsa monyet, justru bulu di tubuh kita jauh lebih lebat kalau dihitung rata-rata jumlah produksinya. Untung lah bulu itu tidak sama panjang dengan bulu monyet ya!

4. Bentuk Jari

Manusia bukan satu-satunya “hewan” yang mampu memegang benda dengan tangannya melalui bentuk jari yang ideal. Bangsa primata lain seperti kera juga mampu melakukannya. Yang membuat manusia unik adalah bentuk jari dan ukurannya saling berbeda satu sama lain. Setiap jari memiliki fungsi berbeda dalam melakukan suatu tugas. Ini membuat jari-jari kita bisa menulis dengan baik, memetik gitar, dan memanfaatkan objek lainnya. Hal yang tak bisa dilakukan bangsa primata lain sebaik kita.

5. Bicara

Laring atau kotak suara kita ada di bagian terbawah tenggorokan, jauh lebih rendah letaknya dibanding simpanse. Ini membuat kita mampu mengucapkan banyak kata dan mampu berbicara daripada bangsa primata lain. Kita mulai memiliki kemampuan ini sejak 350.000 tahun lalu, saat nenek moyang manusia mulai bisa berbicara dengan baik.

6. Berpakaian

Manusia juga satu-satunya anggota kerajaan hewan yang berpakaian. Mungkin karena memang tbuhnya tergolong telanjang. Perkembangan pola berpakaian ini dipengaruhi juga oleh evolusi.

7. Mengontrol Api

Adakah hewan atau tanaman yang mampu mengontrol api? Tidak ada. Hanya manusia, mahluk hidup yang dapat mengendalikan api, lalu memanfaatkannya untuk kehidupan. Mulai dari sebagai penghangat, penerang, sampai memasak dan membuat alat.

8. Malu

Manusia juga satu-satunya spesies yang bias merasa malu, tersipu-sipu. Darwin menyebutnya sebagai perilaku paling khas dan unik disbanding ekspresi lain yang dilakukan mahluk hidup.

9. Masa Kanak-kanak Panjang

Dibanding hewan lain atau sebangsa primata, manusia menghabiskan paling banyak waktu bersama orang tuanya. Alasan paling masuk akal menurut ilmuwan adalah karena manusia memerlukan lebih banyak waktu untuk mengembangkan otaknya yang sangat kompleks dan memang lebih unggul disbanding mahluk hidup lain.

10. Hidup Lama Setelah Reproduksi

Sebagian besar hewan hidup tidak lama setelah mereka melakukan reproduksi. Tapi manusia, khususnya yang perempuan, masih bias hidup lama setelah mereka melahirkan. Ilmuwan menduga ini disebabkan adanya ikatan social di antara manusia, terutama keluarga besar. Kakek dan nenek bias membantu mengasuh anak atau sekedar memberi perhatian. Itu adalah keadaan yang tidak berlaku pada hewan.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.com.

Foto:systemsbiology.org

Bagaimanakah Air Terbentuk di Bumi?


Netsains.Com - Air menyelimuti kurang lebih 2/3 bagian bumi, hanya 1/3 bagian dari planet ini yang muncul sebagai daratan kering. Hal ini tentu menimbulkan beberapa pertanyaan besar yaitu:

1. Darimanakah air dalam jumlah yang sangat besar ini muncul?

Menurut perkiraan ilmuwan, terbentuknya air di bumi terjadi sekitar 2 miliar tahun lalu ketika bumi mulai mengalami proses pendinginan. Sebelumnya bumi berbentuk gas yang kemudian memadat menjadi bentuk cair lalu mulai mengeras dan mendingin. Proses pendinginan secara bertahap telah menyelimuti bumi dengan lapisan awan yang padat, yang mengandung sebagian besar air di planet ini. Untuk jangka waktu yang lama, permukaan bumi masih sangat panas sehingga tetesan air yang jatuh akan segera kembali menjadi uap air. Hal ini membuat tingkat kepadatan awan semakin tinggi sehingga tidak ada sinar matahari yang mampu menembus sampai permukaan bumi. Segera setelah bumi mendingin, hujan mulai turun. Hujan ini adalah hujan yang pertama dan terjadi secara terus-menerus dari siang ke malam, hari ke bulan, bulan ke tahun dan tahun ke abad. Air ini kemudian mengisi basin dan tempat-tempat yang rendah di permukaan bumi hingga akhirnya menjadi lautan.

2. Mengapa air laut asin?

Sejak hujan pertama turun, air telah membawa menggerus tanah. Pada akhirnya proses yang berulang-ulang ini memecah batuan dan melarutkan mineral yang terkandung di dalamnya. Mineral ini kemudian terbawa dan terkonsentrasi di lautan. Dengan demikian semakin lama, laut menjadi semakin asin. Ilmuwan berpendapat bahwa kandungan utama laut purba adalah karbon dioksida, belerang, nitrogen, fosfor, potassium dan kalsium. Dan dari bahan-bahan inilah serta proses bio-kimia yang kompleks diperkirakan muncul bentuk kehidupan pertama di bumi yang berupa mikroorganisme.

3. Bila pembaca mengikuti penjelasan di atas, tentu akan mengajukan pertanyaan lainnya, yaitu mengapa di planet tetangga tidak terdapat air, padahal proses terbentuknya planet di tata surya ini hampir serupa?

Untuk Merkurius dan Venus jawabannya jelas karena jaraknya terlalu dekat dengan matahari sehingga tidak memungkinkan bagi air untuk terbentuk oleh karena radiasi yang berlebihan. Untuk planet Mars, NASA telah menemukan air dalam bentuk es di kutub planet Mars. Setelah mengirimkan Beagle 2, bahkan ilmuwan NASA memprediksi bahwa di masa lalu, air pernah mengalir di permukaan Mars, hal ini terlihat dari foto sungai purba dan batu berbentuk oval dan bulat yang di bumi banyak terdapat di sepanjang aliran sungai. Jenis batu ini hanya bisa terbentuk karena terkikis oleh aliran air.

4. Adakah teori alternatif tentang munculnya air di bumi?

Kembali ke asal usul air di Bumi, ternyata terdapat teori alternatif tentang terbentuknya air di bumi. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa jumlah air di bumi terlalu besar. Sehingga tidak mungkin proses pendinginan cukup menghasilkan air dalam jumlah yang sangat besar. Kemungkinan air berasal dari sejumlah komet besar (umumnya komet terdiri dari es) yang beberapa miliar tahun lalu jatuh ke bumi. Dengan demikian air berasal dari luar angkasa. Bila teori ini benar, ada implikasi lainnya yang timbul karena air adalah asal mula kehidupan, maka manusia dan semua makhluk hidup di bumi ini bukanlah penghuni asli melainkan alien atau pendatang yang asal usulnya dari luar angkasa.

Sumber:
Buku: The Sea around Us by Rachel L. Carson
Internet: www.nasa.gov, www.universetoday.com

foto:/images.quickblogcast.com

Terobosan Pikiran-Mesin: Manusia mengetik hanya dengan berpikir

Dengan memfokuskan diri terhadap gambar surat, orang dengan elektroda di otak dapat mengetik hanya dengan pikiran mereka. Demikian hasil penelitian.

Penemuan tersebut adalah satu langkah menuju interface pikiran-mesin yang dapat saja membantu manusia untuk berkomunikasi hanya dengan pikiran mereka. Peneliti telah menggunakan scan otak untuk melihat angka, dan bahkan menarik video dari dalam kepala orang.

Ilmuwan saraf memonitor dua pasien epilepsi untuk mencerap aktivitas mereka dengan elektroda yang diletakkan secara langsung pada permukaan otak untuk merekam aktivitas elektrik yang dibuat dengan menembak sel saraf. Prosedur ini memerlukan kraniaotomi, atau operasi membedah tengkorak.

Bagaimana cara kerjanya

Peneliti utama Jerry Shih, neurolog pada kampus klink Mayo di Jacksonville, Florida, menginginkan untuk menguji bagaimana fungsi interface pikiran-mesin tersebut berkerja pada pasien. Ia beralasan, bahwa elektroda itu akan berfungsi jauh lebih baik, ketika diletakkan secara langsung di otak, dibanding jika diletakkan pada kulit kepala, seperti pada EEG.
Mayoritas kajian mengenai interaksi pikiran-mesin telah menggunakan EEG, demikian penjelasan Shih.
‘Kulit kepala dan tengkorak mendifusi dan mendistorsi signal, seperti layaknya atmosfer bumi membelokkan cahaya dari bintang,’ kata Shih. ‘Itulah mengapa hasil pengembangan interface sejenis ini sangat lamban’.
Pasien duduk didepan layar yang menunjukkan petak 6 x 6 dengan satu huruf didalam setiap kotak. Setiap kali kotak dengan huruf tertentu dinyalakan, dan pasien berfokus padanya, elektroda itu merelai respons otak kepada komputer. Pasien kemudian ditanya untuk berfokus pada huruf tertentu, dan komputer merekam data tersebut.
Setelah sistim dikalibrasi untuk gelombang otak spesifik pada setiap pasien, ketika pasien memfokuskan diri pada suatu huruf, maka huruf tersebut akan tampak pada layar.
‘ Kami mampu secara konsisten memprediksi huruf yang diinginkan dari pasien kami pada akurasi mendekati 100 persen,’ kata Shih. ‘Walau ini dapat dibandingkan dengan hasil peneliti lain dengan EEG, pendekatan kami lebih terlokalisir dan berpotensi untuk menyediakan laju komunikasi yang lebih cepat. Tujuan kami adalah menemukan cara untuk menggunakan gelombang otak pasien secara efektif dan konsisten untuk melakukan pekerjaan tertentu.’

Bagaimana menggunakannya

Begitu teknik ini disempurnakan, pasien akan memerlukan kraniotomi, walaupun masih belum jelas berapa banyak elektroda yang diperlukan untuk diimplantasi. Komputer juga harus mengkalibrasi gelombak otak setiap orang untuk melakuakn tugas tertentu, seperti menggerakkan tangan prosthetic, demikian kata Shih.
‘Kajian ini adalah langkah kecil menuju masa depan, namun ia adalah hasil yang jelas dalam rangka menggunakan gelombang otak untuk melakukan tugas tertentu’.
Pasien tersebut harus menggunakan komputer untuk menterjemahkan gelombang otak mereka,’namun alat alat ini akan semakin kecil, sehingga bisa diimplantasi kedepannya’, kata Shih. ‘Kami menemukan bahwa kemajuan riset kami sangat menjanjikan’.
Peneliti tersebut telah mempresentasikan penelitian mereka pada pertemuan tahunan Masyarakat Epilepsi Amerika Serikat.

Diterjemahkan dari http://www.livescience.com/health/091206-mind-machine-interface.html

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/

Trik Menghadapi Virus Ala Vaksin.Com


Netsains.Com – Dimana ada komputer pasti akan ada virus komputer. Semua pengguna komputer dari anak-anak sampai dewasa pasti tahu itu. Virus komputer akan selelu membayangi kita sebagai pengguna komputer, mungkin bagi mereka yang awas atau memang paham soal komputer tidak akan terlalu kesulitan dalam menghadapinya. Tapi bagaimana dengan mereka yang awam terhadap hal ini?

Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah meminta tolong teman yang lebih paham soal komputer dan meminta tolong untuk di install anti virus, atau kita bisa beli anti virusnya saja di toko-toko komputer.

Seiring dengan berkembangnya kemajuan komputer dan IT, virus komputer pun tidak kalah turut berkembang dan terus mengganggu saja. Tren-tren virus yang berkembang bukan saja dari luar negeri tapi juga virus-virus local ikut merebak dan tidak kalah canggihnya. Setiap tahun ada saja virus baru yang berjamuran. Nah, hal inilah yang disikapi oleh Vaksin.com dengan menyelenggarakan seminar dengan tema Evaluasi Malware 2009, Trend 2010 dan Antisipasinya. Seminar yang diadakan pada akhir pekan kemarin, melibatkan pembicara-pembicara handal dalam bidang virus komputer dan data recovery.

Para pembicaranya adalah: A. Alfons Tanujaya, seorang Antivirus Specialist, yang membawa tema Evaluasi Malware 2009, Trend 2010 dan Antisipasinya, Virus mengeksploitasi Facebook dan Blackberry. Pembicara kedua Adang Juhar Taufik, seorang Senior Vaksinis Vaksincom, dengan tema presentasi Analisa Virus di Laboratorium Virus Vaksincom, pembuatan Registry Fix dan Norman Malware Cleaner.

Kemudian ada Adi Saputra, ia adalah seorang Senior Vaksinis Vaksincom, dengan judul presentasinya Deteksi malware Broadcast jaringan, download malware lain dan spamming. Bagaimana menggunakan NNP (Norman Network Protector) untuk menghadapi broadcast malware. Lalu pembicara terakhir ada Wiekiang, seorang Data Recovery Expert– Indolabs, dengan tema presentasi Teknik berjaga-jaga menghadapi bencana kehilangan data dan bagaimana mengamankan data anda yang berharga dari bencana kehilangan Data ketika terjadi bencana.

Pada dasarnya pada saat komputer kita terkena virus, kita tidak perlu langsung panic dan gegabah melakukan tindakan-tindakan yang justru memperburuk keadaan komputer kita. Jangan Panik! Itulah hal pertama yang harus anda lakukan, tetap tenang dan lihat dengan seksama apa yang terjadi. Jangan langsung restart atau reinstall komputer anda, ada baiknya menghubungi orang yang lebih paham tentang komputer. “Jangan lupa juga untuk mencatat apa yang sudah terjadi.” Lanjut Wiekiang, seorang ahli data recovery dari Indolabs. Dengan mencatat apa yang terjadi kita jadi bisa tahu dan sekiranya siap menghadapi hal yang serupa dimasa mendatang.

Salah satu tips sederhana lain menghadapi virus komputer adalah justru sebelum komputer kita terkena virus, yaitu dengan rutin backup data pada server dan secara rutin backup e-email pada server, seperti yang dikatakan Adi Saputra, “Antisipasi akan lebih baik.”
Beberapa virus yang terkenal seperti Conficker dan Sality juga dibahas dalam seminar ini. Dan diharapkan kepada mereka agar lebih awas terhadap virus-virus yang akan berkembang ditahun 2009.

foto: Agus Necholase

10 Pertanyaan Dasar Tentang Internet (bagian 9 dari 10 tulisan))


Netsains.Com - Tak ada salahnya memahami seluk beluk isu jeroa sebuah jejaring dunia maya. Sebab faktanya, tak semua pengguna Internet memahaminya. Salah satu pertanyaan mendasar tentang Internet adalah, bagaimana sistem di Internet dapat saling mengenali dan bekerja?

Protokol Standar

Sistem di Internet dapat saling mengenali berkat adanya berbagai protokol transfer data dan sistem pengalamatan yang unik untuk setiap node dan berbeda satu sama lain. Protokol sering diibaratkan sebagai loket, di mana dalam satu bangunan (Internet) ada banyak loket yang memberi layanan berbeda. Loket nomor 80 misalnya melayani Web dengan protokol HTTP, loket nomor 21 menyediakan layanan transfer file dengan protokol FTP dst. Macam protokol yang umum dipakai adalah :

1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol), protokol Web yang mengatur tata cara yang harus dipakai oleh Browser untuk mengambil dokumen Web dalam format HTML
2. FTP (File Transfer Protocol), protokol yang mengatur tata cara transfer file dalam bentuk biner dan teks antara dua node Internet
3. Gopher, protokol yang dirancang untuk mengakses sistem gopher (suatu server dengan sistem menu) atau melalui Telnet
4. Telnet atau Rlogin, protokol untuk melakukan remote access melalui Internet antara 2 node yang terpisah
5. NNTP (Network News Transfer Protocol), protokol yang mendistribusikan berita di Usenet yang sering disebut sebagai News
6. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), protokol pengirim e-mail
7. POP (Post Office Protocol), protokol untuk menerima e-mail
8. IRC (Internet Relay Chat), protokol chatting (pembicaraan dengan mode teks antara pengguna Internet).

Masih banyak lagi protokol lain yang bertambah sesuai perkembangan teknologi Internet. Misalnya protokol untuk sistem monitoring (SNMP) dll.

Universal Resource Locator dan Domain Name System

Protokol dapat mengetahui lokasi suatu informasi berkat adanya metode pengalamatan di Internet yang disebut URL (Universal Resource Locator). Formatnya sebagai berikut :

protokol_transfer://nama_host/path/nama_file
contohnya : http://www.mtv.com/music/index.html

(HTTP) protokol transfer yang dipakai, (www) menunjukkan nama host, (mtv) adalah nama domain yang dituju, (com) akhiran nama domain yang menunjukkan kategori aktifitas komersial, (music) adalah path direktori yang dicari dan (index.html) adalah dokumen yang akan ditampilkan oleh browser dalam format HTML.

URL adalah sistem pengenal dan penamaan di Internet mengikuti suatu standar yang disebut Domain Name System (DNS). Dengan DNS setiap nama di Internet harus mengikuti kategori domain yang sudah ditentukan agar bisa dikenali. Untuk memperoleh domain name seseorang atau suatu lembaga harus terlebih dahulu mempunyai alokasi IP address dari IANA atau ISP, memiliki mesin / server DNS sendiri atau terdaftar di salah satu mesin DNS dan kemudian mendaftar ke lembaga pengelola fasilitas domain registration baik Internasional maupun lokal.

Internet membutuhkan sistem DNS karena sesungguhnya semua mesin yang terhubung di Internet saling mengenali berdasarkan alamat angka yang unik dan jumlahnya jutaan, disebut dengan IP Address. Sulit bagi manusia untuk mengingat alamat dalam bentuk angka (IP Address), sehingga alamat tersebut perlu diterjemahkan ke dalam bentuk yang familier bagi manusia.

Dalam transmisi data ada istilah resolving address yaitu suatu proses penerjemahan domain name dan URL ke alamat IP. Maka apabila anda mengetik URL

http://www.arema.web.id

maka sesungguhnya komputer anda menanyakan alamat IP dari host dan domain tersebut ke mesin / server DNS. Selanjutnya DNS server akan melakukan resolving name dan address sehingga komputer anda dapat menghubungi host yang dimaksud.

Contoh kategori domain : com (organisasi komersial), edu (pendidikan), gov (pemerintahan), org (organisasi umum), mil (militer). Semua ini adalah standar top level domain internasional yang harus diregistrasikan ke sebuah lembaga yang disebut INTERNIC – NETWORKSOLUTIONS.

Sedangkan tiap negara punya lembaga registrasi domain dan punya alokasi top level domain berdasarkan country code, misalnya au (Australia), jp (Jepang), sg (Singapura), my (Malaysia) dst. Di Indonesia (id) registrasinya melalui IDNIC yang menyelenggarakan fasilitas DNS untuk second level domain co.id, or.id, go.id, mil.id, ac.id, web.id, sch.id dan net.id

Electronic Mail

Sistem electronic mail adalah layanan tertua di Internet. E-mail bekerja sebagaimana kotak surat biasa, namun bedanya surat dikirim dalam bentuk dokumen dan didistribusikan secara elektronik sehingga disebut E-mail. Kelebihan e-mail adalah kecepatan, jarak ribuan mil hanya akan ditempuh selama beberapa detik (hampir seketika) sedang dengan jasa pos bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Setiap kotak surat punya pemilik (perorangan, organisasi) dan memiliki alamat yang jelas, unik dan berbeda satu sama lain sehingga bisa dipakai sebagai penunjuk identitas. Format pengalamatan mail mengikuti standar sebagai berikut :

identitas_pemilik@nama_host misalnya pataka@AREMA.web.id

(pataka) menunjukkan identitas pemilik alamat kotak surat (mail box), (@) menunjukkan bahwa format pengalamatan ini khusus untuk e-mail, (AREMA) nama host, (web) kategori domain host AREMA yaitu organisasi web, (id) identitas top domain host yaitu berada di negara Indonesia. Secara umum format ini mirip URL dan tetap mengikuti standar DNS.

Protokol yang menentukan distribusi mail di Internet disebut Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Format mail dalam kode ASCII dipergunakan khusus untuk dokumen mail yang berupa teks. Untuk transfer dokumen mail dalam bentuk grafis digunakan format biner dan mempergunakan protokol khusus yang disebut Multipurpose Internet Mail Extension (MIME).

Protokol yang dipakai untuk menerima mail disebut dengan Post Office protocol (POP). Protokol ini yang mendefinisikan bagaimana sebuah mail dalam berbagai bentuk (asal dalam format SMTP) diterjemahkan dan diterima oleh sistem yang dimiliki user. Dengan kata lain SMTP adalah loket untuk mengirim mail dan sebaliknya POP adalah loket untuk menerima mail.

Usenet / Newsgroup

Di Internet ada banyak tempat yang menyediakan kelompok diskusi yang disebut Usenet. Di dalamnya ditampilkan berbagai artikel on line (disebut News) dalam berbagai topik dan kategori (disebut Newsgroup). Setiap pengguna Internet dapat mengikuti (berlangganan) di Usenet secara gratis. Peserta Usenet dimungkinkan untuk membuka suatu topik baru maupun menutup / tidak mengikuti suatu group diskusi secara bebas karena Usenet tidak memiliki pengelola khusus. Untuk mengakses server Usenet diperlukan suatu software khusus yang disebut news reader. Setiap topik memiliki alamat khusus yang terdaftar di news server misalnya alt.culture.indonesia.

Mailing List (Milis) mirip dengan Usenet namun hanya membahas satu topik yang spesifik dan biasanya dikelola oleh suatu institusi. Dengan berlangganan milis sesorang dapat memperoleh berbagai informasi, artikel dan diskusi melalui mail yang rutin dikirimkan oleh penyelenggara. Milis mempunyai sejumlah aturan yang disepakati bersama menyangkut tata cara penulisan dan pengiriman serta isi materi artikel / diskusi sedangkan di Usenet hal aturan ini mungkin tidak berlaku. Berlangganan milis tidak diperlukan software khusus kecuali harus memiliki alamat e-mail karena artikel langsung dikirim ke alamat e-mail.

SPAM

SPAM adalah sebutan bagi aneka informasi yang tidak berguna (sampah) yang dikirimkan oleh berbagai pihak ke alamat e-mail anda. Umumnya SPAM berisi iklan komersial, surat berantai atau penawaran MLM, namun tidak sedikit yang berisi humor, sumpah serapah, pornografi, ajakan dan pesan konyol serta berbagai isu serius namun tak memiliki hubungan apapun dengan kepentingan dan minat anda di Internet. SPAM bisa pula terjadi akibat ulah serangan ilegal seseorang yang disebut dengan mail bombing dimana pelaku mengirimkan e-mail dalam jumlah banyak atau berukuran besar dengan tujuan memenuhi mailbox atau membuat macet mail server.

SPAM muncul apabila kita kurang berhati-hati dalam bertransaksi di Internet sehingga alamat mail kita dapat diketahui oleh penyelenggara layanan iklan komersial. Salah satu cara untuk menghindari SPAM adalah mengaktifkan fasilitas filter untuk mengecek setiap mail yang masuk ke alamat anda. ISP biasanya menyediakan fasilitas ini di mail server mereka dan tidak sembarangan memakai alamat e-mail sebagai identitas. Atau gunakan 2 alamat e-mail untuk maksud dan kepentingan yang berbeda, yang satu diketahui publik secara luas, satunya bersifat pribadi dan hanya diberikan pada orang tertentu saja misalnya keluarga.

Service

Layanan di Internet lazim disebut sebagai service, secara fisik dilakukan oleh mesin yang disebut server atau disebut juga sebagai host melalui perantaraan protokol. Suatu server identik namanya dengan service dan protokol yang dijalankan. Misalnya Web Server, servicenya disebut Web dan protokolnya disebut HTTP, FTP Server servicenya disebut FTP dan protokolnya disebut FTP. Demikian juga yang lainnya. Karena nama host, sebutan service dan protokol seringkali sama / serupa maka harus dicemati dalam konteks apa istilah tersebut dipakai.

Etika di Internet (Netiquette)

Di dalam Internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di dalamnya. Pada titik tertentu dalam skala yang luas Internet adalah rimba raya tak bertuan yang tidak terjangkau oleh hukum positif di manapun. Hanya ada hukum rimba dimana yang paling tinggi penguasaan teknologi dan informasinya dapat keluar sebagai penguasa sekaligus pemenang dalam dunia virtual ini.

Namun sebagai mahluk sosial pelaku Internet memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam pergaulan komunitas dunia maya. Setiap lingkungan punya nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati.

Karena itu siapapun bebas untuk mematuhi peraturan yang sesuai dengan dirinya dan yang tidak menyetujui bebas memilih untuk tetap berada di sana sebagai minoritas atau keluar dari lingkungan tersebut. Kemungkinan lain, mereka yang merasa dipojokkan oleh suatu komunitas Internet bisa saja membangun kekuatan perlawanan di Internet dengan mengumpulkan sejumlah orang yang sepaham. Demokrasi yang mungkin bisa sangat radikal, namun umumnya setiap lingkungan (komunitas) memiliki cara tertentu dan prinsip keseimbangan yang mampu mentolerir dan mengeliminir semua pertentangan dan perbedaan yang mungkin terjadi.

Tidak ada sanksi hukum terhadap pelanggaran etika dalam pergaulan Internet kecuali sanksi secara moril (sosial) seperti dikucilkan (isolasi), diblack list (ban) dari suatu lingkungan, dicabut keanggotaannya dari suatu lembaga dan komunitas Internet. Namun tetap terbuka kemungkinan adanya sengketa individual (flame war) yang bisa berakibat pembalasan secara langsung (technically attack) terhadap resource yang dimiliki, misalnya mail bombing. Hal semacam itu sering terjadi di arena diskusi (mailing list dan newsgroup). Karena itu sangat penting untuk bersikap bijak dan moderat dalam berdiskusi.

Dalam kasus tertentu pelanggaran etika yang menjurus kepada kriminal juga dapat diajukan ke pengadilan melalui mekanisme hukum positif yang berlaku pada diri seseorang (warga negara) maupun lembaga organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan hukum adalah menyangkut soal pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan illegal (Pirating, Hacking maupun Cracking) terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum positif secara internasional.

Secara umum siapapun yang merasa menjadi bagian dari suatu komunitas di Internet wajib untuk mematuhi kode etik yang berlaku di lingkungan tersebut. Namun secara umum etika di Internet, paling tidak selalu menyangkut beberapa hal sebagai berikut :

1. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang secara langsung berkait dengan masalah pornografi dan nudisme dalam segala bentuknya.

2. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang memiliki tendensi menyinggung secara langsung dan negatif masalah suku, agama dan ras (SARA), termasuk di dalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan serta segala bentuk pelanggaran hak atas perseorangan, kelompok / lembaga / institusi lain.

3. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisi instruksi untuk melakukan perbuatan melawan hukum (illegal) positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya.

4. Tidak menampilkan segala bentuk eksploitasi terhadap anak-anak dibawah umur.

5. Tidak mempergunakan, mempublikasikan dan atau saling bertukar materi dan informasi yang memiliki korelasi terhadap kegiatan pirating, hacking dan cracking.

6. Bila mempergunakan script, program, tulisan, gambar / foto, animasi, suara atau bentuk materi dan informasi lainnya yang bukan hasil karya sendiri harus mencantumkan identitas sumber dan pemilik hak cipta bila ada dan bersedia untuk melakukan pencabutan bila ada yang mengajukan keberatan serta bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang mungkin timbul karenanya.

7. Tidak berusaha atau melakukan serangan teknis terhadap produk, sumber daya (resource) dan peralatan yang dimiliki pihak lain di dalam lingkungan sendiri maupun penyedia layanan yang terkait, sanksi langsung terhadap pelanggaran ini adalah pencabutan keanggotaan dan dimasukkan ke dalam daftar Black List. Serangan yang dimaksud di dalamnya antara lain adalah junk mail, chain mail, flooding, spam, bombing (mail) maupun pirating, hacking, cracking dan usaha maupun tindakan gangguan dan perusakan illegal sejenis
8. Menghormati etika dan segala macam peraturan yang berlaku di masyarakat Internet umumnya dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala muatan / isi situsnya.

9. Tidak memperjualbelikan hak keanggotaan, fasilitas maupun space yang diperoleh dari penyelenggara layanan kecuali hal tersebut diijinkan.

10. Pemilik dan pengelola layanan berhak sepenuhnya untuk mengatur dan merubah konfigurasi teknis tanpa pemberitahuan kepada anggota dan tanpa menyebutkan alasan. Pengelola tidak bertanggung jawab terhadap segala konsekuensi teknis yang timbul karenanya (misalnya : kehilangan data). Seluruh anggota dianggap menyetujui segala kebijakan teknis yang diberlakukan.

11. Termasuk di dalam ketentuan point j adalah kemungkinan terjadinya penutupan sementara, pemberlakuan metode filtering khusus, penolakan keanggotaan, pemberlakuan editing maupun penyensoran terhadap materi yang tidak sesuai serta pemindahan alamat dan perubahan penyedia layanan tersebut.

12. Isi dari suatu komunitas atau layanan Internet tidak mencerminkan pandangan politik dan ideologi pengelola.

13. Setiap pelanggaran etika dalam lingkungan komunitas akan mendapatkan sanksi dari pengelola berlaku secara berurutan dan bertahap :

- Peringatan 1, 2 dan 3 dari pengelola
- Pengaduan kepada institusi dimana pelaku bernaung diikuti dengan pencabutan sementara
- Pencabutan keanggotaan dan dimasukkan dalam daftar hitam serta diadukan ke pengadilan

14. Untuk kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola, anggota dapat melakukan teguran secara langsung melalui e-mail pribadi pengelola
15. Etika ini adalah prinsip pokok yang belum tentu dapat mengakomodasi setiap kepentingan dan kasus yang terjadi. Tidak tertutup kemungkinan dilakukan perubahan dan penambahan maupun pengurangan sesuai usulan dan kesepakatan anggota serta saran pengunjung.

Etika Diskusi

a. Mendaftar dengan prosedur yang benar baik secara otomatis atau melalui permohonan kepada pengelola, atau mengikuti secara pasif (read only) melalui thread di web (bila tersedia)
b. Telah membaca dan menyetujui seluruh peraturan dan kesepakatan di dalam Terms and Conditions yang ditetapkan oleh pengelola maupun penyedia layanan Mailing List / Newsgroup tersebut
c. Telah membaca dan menyetujui seluruh peraturan dan kesepakatan di dalam Etika Umum ini
d. Telah membaca dan menyetujui seluruh peraturan dan kesepakatan di dalam Frequently Asked Questions
e. Mengisi Bio Data yang berisi informasi sebagai berikut :

- Nama Lengkap :
- Nama Kecil / Julukan :
- Pekerjaan :
- Alamat Rumah, Kode Pos dan Telepon :
- Alamat Kantor, Kode Pos dan Telepon :
- Alamat E-mail :
- Mengetahui Mailing List ini dari :

Pesan dan Saran dikirimkan melalui e-mail ke alamat pengelola

f. Mengirim posting pertama berisi perkenalan diri sesuai dengan Bio Data
g. Tema dan pembahasan diskusi telah ditentukan pengelola terlebih dahulu
h. Perhatikan bahasa pengantar yang dipakai apakah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau Bahasa lainnya dengan sopan santun yang wajar sebagaimana percakapan / komunikasi biasa sehari-hari
i. Mempergunakan istilah, akronim serta emoticon (sejumlah tanda dan kode tanda baca yang menunjukkan emosi yang dirasakan, suasana hati dan raut wajah penulis) serta menggunakan tanda baca yang umum dalam diskusi internet
j. Pergunakan selalu format e-mail dalam mode Plain Text (ASCII) murni, jangan memakai format HTML dan atau MIME maupun bentuk format lainnya kecuali memang diijinkan
k. Perhatikan besar file maksimum biasanya adalah 15 KB. dan apabila artikel yang dipostingkan cukup panjang dapat dipisahkan menjadi beberapa seri dengan subject yang diurutkan (misalnya : Topik 1, Topik 2, Topik 3 Habis)
l. Pada dasarnya anggota tidak diberikan batasan jumlah maksimum posting per hari namun dengan makin banyaknya jumlah anggota maka sangatlah bijaksana bila anggota tidak mengirimkan lebih dari 2 posting dalam sehari (24 jam)
m. Reply (balasan mail) baik ke Jalur Umum (alamat mailing list) maupun ke Jalur Pribadi (JaPri – sender / pengirim asli) harus menghilangkan header, footnote dan signature file mail asal termasuk quote otomatis dari pengelola atau penyelenggara layanan
n. Reply tidak diperkenankan menyalin seluruh isi mail asli melainkan bagian yang penting saja dan berkaitan langsung dengan komentar maupun tanggapan yang disampaikan
o. Tidak diperkenankan mengirimkan attachment file ke Jalur Umum dengan alasan apapun kecuali telah mengajukan dan mendapatkan ijin dari pengelola
p. Posting artikel yang tidak berkaitan dengan tema utama harus mengajukan dan mendapatkan ijin dari pengelola, harus menuliskan subject : OUT OFF TOPIC serta tidak menuliskan seluruh informasi yang dimaksud melainkan cukup URL di mana informasi itu dapat diperoleh
q. Tidak diperkenankan melakukan posting berisi info, penawaran maupun promosi komersial dan yang sejenis dengan itu dengan alasan apapun kecuali telah mengajukan dan mendapatkan ijin dari pengelola
r. Point j, k, l, m, n, o, p dan q dimaksudkan untuk kemudahan memahami isi mail dan menghindari pemborosan bandwidth internet (space thread, pulsa telepon dsb.) karena sebagian anggota memiliki fasilitas akses e-mail yang terbatas kemampuannya dari segi software, hardware maupun kualitas koneksi
s. Tidak diperkenankan melakukan hacking, spamming, flooding, bombing, junk mail, unsolicited mail, chain letters dan atau upaya lain yang sejenis dengan itu, pelanggaran ini mendapatkan sanksi terberat : dikeluarkan dari keanggotaan, dimasukkan dalam daftar hitam, diadukan kepada institusi dimana pelaku bernaung dan digugat ke pengadilan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia
t. Menghindari terjadinya debat kusir, flame war, fait a compli, fitnah, menyebarkan isu yang tidak jelas sumber dan rujukannya, mendorong opini umum yang tidak sehat, memojokkan individu maupun kelompok dan organisasi serta offensif lain yang keluar dari kerangka diskusi konstruktif
u. Apabila diskusi menjadi semakin melebar namun hanya diikuti oleh sebagian kecil anggota maka sebaiknya diskusi dilanjutkan melalui Jalur Pribadi dan dapat meminta pengelola sebagai moderator dan selanjutnya (hanya) hasil akhir diskusi tersebut dipostingkan oleh moderator ke Jalur Umum sebagai masukan / informasi bagi anggota lainnya
v. Administrator (owner), pengelola atau moderator berhak sepenuhnya untuk melakukan pengaturan serta perubahan teknis tanpa pemberitahuan kepada anggota dan tanpa menyebutkan alasan. Administrator tidak bertanggung jawab terhadap segala konsekuensi teknis yang timbul karenanya (misalnya : kehilangan data). Seluruh anggota dianggap menyetujui segala kebijakan teknis yang diberlakukan
w. Termasuk di dalam ketentuan point v adalah kemungkinan terjadinya penutupan sementara, pemberlakuan metode filtering khusus, penolakan keanggotaan, perubahan aturan moderator dari otomatis menjadi manual atau sebaliknya dengan melakukan editing maupun penyensoran serta pemindahan alamat dan perubahan penyedia layanan mailing list
x. Sanksi atas pelanggaran diatur tersendiri
y. Hal lain yang belum tercantum dalam Etika Diskusi dapat disepakati bersama dengan anggota untuk melakukan perubahan, pengurangan maupun penambahan
z. Selamat berdiskusi.

foto:/bibliotecaetsitupm.files.wordpress.com/

Air Guitar