Protein Docking

Protein Docking

Netsains.Com - Tidak menggunakan komputer anda untuk sementara waktu? Anda dapat menyumbangkan waktu idle komputer anda kepada riset biomedis lanjutan yang bertujuan untuk menemukan pengobatan untuk HIV, Parkinson, arthritis, dan kanker payudara.

Melalui proyek ‘Docking@Home’ Universitas Delaware, yang dipimpin oleh Michela Taufer, asisten profesor dalam bidang ilmu komputer, dan didukung oleh Yayasan Sains Nasional USA, lebih dari 6000 sukarelawan dari seluruh dunia telah menyumbangkan waktu idle komputer mereka untuk melakukan kalkulasi ilmiah yang akan membantu dalam rangka menciptakan pengobatan baru untuk melawan penyakit-penyakit tersebut.Sebelum obat baru dapat diproduksi untuk pengujian laboratorium, peneliti harus menciptakan model molekuler dan mensimulasi interaksi mereka untuk mengungkapkan kandidat bagi pengobatan efektif. Simulasi tersebut dinamai ‘docking’ , demikian penjelasan Taufer.

Kombinasi molekul dan orientasi situs pengikatan mereka adalah tak terhingga, sehingga melakukan simulasi kombinasi memerlukan daya komputasi yang besar, demikian catatan Taufer. Superkomputer sering memiliki waktu tunggu atau terlalu mahal untuk digunakan dalam waktu panjang. Maka, peneliti akhirnya meminta bantuan sukarelawan, untuk mendistribusikan ratusan ribu task komputasi kepada jumlah banyak komputer. HIV-1 protease bertugas memotong HIV seperti gunting. Jika ilmuwan dapat menginhibis efek ini, maka virus tersebut tidak dapat bereproduksi, kata Taufer.

‘ Pada dasarnya, protein tersebut mengalami kerusakan, dan kami ingin tahu bagaimana molekul kecil dapat memperbaiki perilaku tersebut’, kata dia. Jika molekul pengikatan, yaitu ligan, dijatuhkan pada protein, secara efektif melakukan ‘docking’, ia dapat mengaktifkan atau mendeaktifkan protein tersebut, dan komputer dapat mensimulasi interaksi ini. Saat ini, penelitian ini berada dalam tahap validasi, proses tersebut bertujuan untuk mempelajari obat baru. ‘ Kami mentransformasi proses alamiah menjadi langkah komputas, mengembangkan suatu algorithma’, demikian penjelasan dia.

Menyumbangkan waktu idle komputer untuk melakukan kalkulasi ilmiah hanya memerlukan beberapa langkah sederhana yang dijelaskan pada situs web proyek ( http://docking.cis.udel.edu/ ). Program open source yang gratis, bernama BOINC ( Berkeley Open Infrastructure for Network Computing ), dikembangkan oleh Universitas Kalifornia, dan ditautkan pada Server Docking di Universitas Delaware dalam rangka menjadi bagian dari jaringan. Siklus idle komputer akan diakses secara otomatis jika sistim tidak digunakan.

Software BOINC juga digunakan dalam program Komunitas Dunia Grid IBM, yang memfokuskan pada penyakit yang terjadi karena kesalahan pelipatan protein, dan SETI@HOME, yang mencari tanda kehidupan intelejen diluar Bumi. Bahkan, Kevin Kreiser, seorang mahasiswa Doktorat di grup Taufer, telah mengembangkan software untuk ExSciTech (suatu sistim komputasi sukarelawan untuk eksplorasi sains, teknologi, dan kesehatan) yang bisa membuat para sukarelawan menggunakan Nintendo Wii untuk keperluan Docking.

Diterjemahkan dari:

University of Delaware (2009, June 21). Computer Idle? Now You Can Donate Its Time To Find A Cure For Major Diseases.ScienceDaily. Diterima March 29, 2010, from http://www.sciencedaily.com/releases/2009/06/090616193351.htm

Sumber gambar:

http://www.cs.umd.edu/gvil/