Sesuai dengan judulnya,kali ini saya akan sedikit membahas tentang teknologi baru yang dinamakan airscreen. Apa itu airscreen? Untuk lebih jelasnya silakan lihat video dibawah ini. (kalo yang koneksinya pas-pasan..silakan buffering dulu :mrgreen: )

Teknologi diatas ditemukan oleh Prof Masatoshi Ishikawa dan Dr Takashi Komuro dari Universitas Tokyo, Jepang. Sebenernya teknologi ini dinamakan vision-based input interface. Dari video di atas, hanya ditunjukkan 1 jari, tetapi sebenarnya sistem ini mampu mengenali 5 jari dan dapat digunakan untuk mengetik pada virtual keyboard, mengklik, zoom, bahkan membuat gambar.

Sebuah cara interaksi yang baru antara manusia dan komputer. Teknologi revolusioner airscreen ini memudahkan manusia untuk lebih mengekspresikan dirinya. Namun, sepertinya butuh waktu transisi untuk beradaptasi ke teknologi ini. Terlihat dari beberapa komentar di situs youtube.com yang banyak menyatakan kerepotan jika teknologi ini mereka gunakan dan masih bertanya-tanya keuntungan apa yang mereka dapatkan jika beralih dari touchscreen ke airscreen ini. Di sisi lain, komentar-komentar tersebut merupakan masukan yang membangun bagi para developer teknologi ini.

Nah, bagi para pembaca yang ingin menikmati kecanggihan teknologi ini, sepertinya harus sedikit bersabar karena teknologi airscreen ini masih pada tahap pengembangan sehingga belum ada di pasaran. Dan bagi para pembaca yang merasa iri atau terbakar semangatnya (karena kecanggihan bangsa lain), mari segera berkontribusi untuk negeri ini. Tidak perlu menemukan hal yang baru, tetapi dengan melengkapi atau memperbaharui teknologi yang sudah ada, sudah merupakan kontribusi yang besar bagi kehidupan manusia :) .

Semoga dapat memancing kreatifitas Anda. :mrgreen:

referensi:
http://www.gsmdome.com/technology/new-input-mechanism-demoed-3d-motion-of-human-fingertip-in-action-video_12132