Udara bermain gitar adalah suatu bentuk tarian dan gerakan di mana pemain pura-pura untuk bermain batu atau logam berat-gaya gitar listrik, termasuk riff, solo, dll Bermain gitar udara berlebihan biasanya terdiri dari memetik dan memetik gerakan dan sering digabungkan dengan keras bernyanyi atau lip-synch. Gitar udara umumnya digunakan dalam simulasi imajiner keras musik gitar listrik.

Contoh kegiatan gitar udara terjadi pada akhir 1970-an. Robin Yeatman, seorang pelindung dari Heavy Metal klub, "The Soundhouse", di London, dibuat hardboard gitar dan bermain mereka di panggung. Segera banyak orang mulai membuat sendiri "gitar". Ini segera menjadi tren. Ia lebih suka menyebutnya "hardboard" karena "kardus" tampak murah dan rendah. [Rujukan?]

Akar udara gitar kembali lebih awal. Ayah udara mungkin gitar Joe Cocker, yang secara aktif menunjukkan teknik gitar udara di atas panggung. Selama solo gitar memimpin-dalam hidup kepada kinerja "Dengan Little Help from My Friends" di Woodstock Music Festival pada 1969, ia dapat diamati simulasi musik dengan tangan, sans gitar.

Sebelum tanggal tersebut oleh dua belas tahun, Bill Reed, dari The Diamonds, selama kinerja TV, terlihat memainkan "gitar udara" saat melakukan pembacaan-nya pada lagu itu, "Kata-kata Cinta." Kinerja ini, sekitar tahun 1957, telah ditambahkan ke YouTube dari kinescope rekaman.

Gitar udara diselenggarakan kompetisi diadakan secara teratur di banyak negara. Pertama on-off kompetisi gitar udara telah diselenggarakan pada awal tahun 1980 di Swedia dan di Amerika Serikat. Sejak tahun 1996 tahunan Kejuaraan Dunia Gitar Udara kontes telah menjadi bagian dari Oulu Music Video Festival di Oulu, Finlandia yang saat ini mengatur Air Guitar World Championships Jaringan [1] dari kompetisi kejuaraan nasional resmi. Gagasan tentang kontes awalnya diciptakan sebagai sebuah lelucon, berarti hanya untuk menjadi daya tarik samping untuk video musik festival [2]

Jaringan pada tahun 2009 terdiri dari dua puluh negara: Finlandia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, Belanda, Yunani, Belgia, Norwegia, Inggris, Swiss, Prancis, Jepang, Australia, Jerman, Taiwan, Thailand, Rusia, Rumania, Brazil dan Belgia.

Aturan memiliki banyak kesamaan dengan tokoh skating, terutama dengan menggunakan sistem skor 6,0. Yang paling umum adalah seperangkat aturan sebagai berikut:

* Setiap peserta memiliki udara bermain gitar di panggung dalam dua putaran, masing-masing berlangsung selama 1 menit.
o Babak 1: peserta memainkan pilihan pilihan mereka sendiri. Biasanya lagu yang telah diedit (atau sebuah medley telah dibuat) agar sesuai dengan format 60-detik.
o Round 2: peserta memainkan bagian dari lagu yang dipilih oleh penyelenggara atau pesaing, biasanya lagu ini tidak diumumkan sebelumnya dan dirahasiakan sampai putaran dimulai, sehingga peserta harus berimprovisasi.
* Peserta bermain sendirian; backing band, baik dengan instrumen udara nyata atau tidak diizinkan, dan penggemar roadie diperbolehkan untuk membuat beberapa gambar, namun mereka harus meninggalkan panggung sebelum pertunjukan.
* Peserta harus bermain gitar udara (udara yaitu drum, piano dan instrumen lain tidak diperbolehkan). Udara dapat gitar akustik, listrik atau keduanya.
* Secara umum, tidak ada kode berpakaian dan peserta didorong untuk menggunakan pakaian dan alat peraga yang akan menambah karakter dan membuat pertunjukan menjadi lebih menarik. Namun, setiap peralatan musik yang nyata atau kru (instrumen, amplifier, efek pedal, vokal anggota band, dll) secara ketat dilarang. Beberapa peristiwa membuat pengecualian untuk memilih gitar yang nyata, beberapa tidak.
* Juri terdiri dari para hakim independen, biasanya B-daftar musisi, kritikus musik, pelawak, atau anggota lain dari media.
* Hakim menggunakan sistem skor 6,0 yang sama seperti pada Gambar skating: ada beberapa kriteria yang berbeda-beda, setiap hakim harus memberikan kontestan skor 4,0-6,0 pada masing-masing sebagai berikut:
o Teknik merit-berapa banyak kinerja seperti bermain riil, termasuk reproduksi yang akurat dari semua pemahatan, akord, solo dan teknis bergerak.
o Tahap kehadiran-sebuah karisma bintang rock, kemampuan untuk batu, kurangnya demam panggung dan kekuatan untuk menggerakkan ribuan pendengar; melibatkan gitar melakukan gerakan dan demonstrasi emosional.
o Airness-kriteria yang paling subjektif, sebagai "presentasi" pada gambar skating-berapa banyak kinerja objek seni dengan sendirinya, tidak hanya simulasi bermain gitar.

Kejuaraan dunia tahunan (nama lengkap: "Air Tahunan Guitar World Championship Contest") yang pertama kali diadakan pada tahun 1996 sebagai bagian dari Oulu Music Video Festival di Oulu, Finlandia. Peserta dari seluruh dunia berkompetisi di udara keterampilan bermain gitar. Juri termasuk gitaris Finlandia Juha Torvinen, dan hadiah termasuk custom made 'Flying Finn' gitar dan amplifier VOX BM Khusus disumbangkan oleh gitaris Queen Brian May. Ideologi di balik acara ini adalah bahwa "perang akan berakhir dan semua hal buruk yang akan pergi jika semua orang hanya bermain gitar udara."

Ada beberapa inovasi teknologi yang memungkinkan udara mencoba gitar untuk dimainkan sebagai instrumen nyata, menghasilkan suara yang bergantung pada tindakan gitaris udara.

Pada tahun 2005, mahasiswa dari Helsinki University of Technology mengembangkan sebuah sistem yang menerjemahkan gerakan tangan ke suara gitar listrik, menghasilkan udara fungsional gitar. [2] Sistem ini, terdiri dari sepasang sarung tangan berwarna cerah dan kamera inframerah, adalah salah satu yang paling populer di Helsinki pameran Science Center. Kamera mengakui jarak antara kedua sarung tangan serta gerakan memetik yang dibuat oleh pemakai untuk mensintesis lagu gitar listrik, bekerja dengan hanya menggunakan enam catatan. Tidak ada pengetahuan musik yang diperlukan.

Pada November 2006, para peneliti di pemerintah Australia's Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah t-shirt yang merasakan gerakan manusia untuk "menunjukkan keahliannya dalam merancang dan manufaktur elektronik dan tekstil cerdas di mana orang dengan mudah mengendalikan komputer", publicising itu sebagai kemeja gitar udara. [3] [4]

Pada tahun 2007, sebuah perusahaan Jepang Takara Tomy Corp memperkenalkan Air Guitar Pro (Gitar Rockstar), sebuah gitar fungsional simulator. Pas di satu tangan, perangkat akan menggunakan panas dan sensor gerak untuk mendeteksi gerakan tangan yang lain dan menghasilkan suara gitar. [5] simulator gitar ini dibuat populer di Inggris acara otomotif Top Gear oleh presenter Jeremy Clarkson. Dia terlihat memainkan Gitar Rockstar Tomy di salah satu Top Gear's terkenal tantangan.

Pada bulan Maret 2008, Jada Mainan California memperkenalkan Air Guitar Rocker mainan yang menampilkan teknologi dipatenkan dalam sebuah ikat pinggang. Ketika pengguna memilih strums magnet di depan belt buckle, gitar musik diputar melalui ampli portabel yang melekat pada para pengguna celana atau ikat pinggang. Air Guitar Rocker adalah dipasarkan dengan Guitar Hero populer lisensi dan diciptakan oleh penemu mainan David Fuhrer dan timnya.