Ada lagu yang bilang cinta itu menyakitkan. Tapi faktanya cinta juga menyenangkan. Bahkan bisa menghadirkan perasaan nyaman. Secara ilmiah, ternyata terbukti bahwa cinta memang membawa kebaikan. Sebuah studi melibatkan 25 orang perempuan yang diikutkan dalam eksperimen.


Mereka diminta untuk berpegangan tangan dengan pasangannya, tangan orang asing, dan memegang bola. Sementara mereka memegang objek berbeda-beda itu, para perempuan tersebut juga diberi stimulus rasa sakit. Hasilnya, rasa sakit itu berkurang saat mereka memegang tangan pasangannya.


Tes selanjutnya, masih dengan stimulus rasa sakit. Setiap perempuan diperlihatkan gambar kursi, orang asing, dan pasangannya. Cukup dengan melihat foto pasanga saja, ternyata rasa sakit terasa berkurang. Wow, luar biasa bukan efek rasa cinta itu?


“Percobaan ini membuktikan bagaimana perasaan kita bisa berubah tergantung pada dukungan pengaruh manusia lain,” Naomi Eisenberger, asisten profesior psikologi UCLA yang terlibat di studi ini. Menurut Eisenberger, secara tipikal kita akan berpikir bahwa dukungan sosial bisa membuat kita merasa lebih baik. Ini merupakan jenis dimana kita memiliki kebutuhan emosional akan kehadiran orang lain. Bahkan dari studi ini, cukup dengan melihat foto orang yang kita sayangi saja bisa lumayan berpengaruh mengurangi rasa sakit.


Studi ini memang masih tergolong studi kecil dan memerlukan studi lanjutan lebih jauh. Detil dari hasil studi ini dipublikasikan di jurnal Psychological Science. Jadi, kalau kita sedang sakit, jika orang yang kita cintai sedang jauh, lebih baik memandangi fotonya saja. Sudah lumayan meredakan rasa sakit.


Diterjemahkan secara bebas dari LiveSciencefoto:ankechuby.files.wordpress.com